Joomla Slide Menu by DART Creations

Universitas Muria Kudus

Akrabkan Antarmahasiswa Baru, HMJ SI Gelar KEMASI

Email Cetak

UMK – Untuk menanamkan pendidikan karakter mahasiswa baru Program Studi (Progdi) Sistim Informasi (SI) Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK) dan mengakrabkan antarmahasiswa baru, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sistem Informasi menggelar kegiatan rutin tahunan yang dikemas dalam Keakraban Mahasiswa Sistem Informasi (KEMASI). Kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa baru ini diselenggarakan di Balai Desa Karangmalang Gebog Kudus pada Jum’at-Minggu (2-4/11).
Kegitan yang diikuti 192 Mahasiswa baru ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya pembekalan materi dari dosen dan tokoh masyarakat, pentas seni yang menyertakan kreativitas dari mahasiswa dalam pertunjukan di depan panggung, senam, dan ditutup sengan outbond dan pembagian hadiah di lapangan Desa Karang Malang.
Panitia Kegiatan, Robani mengungkapkan bahwa melalui kegiatan tersebut mahasiswa baru diharapkan menjadi lebih berkarakter dan saling mengenal sesama progdi walaupun berbeda kelas. “Juga agar terjalin keakraban sehingga berguna di kemudian hari,” tuturnya.
Mahasiswa peserta kegiatan juga mengaku mendapatkan hal baru yang berkesan dalam setiap sesi kegiatan KEMASI. Diantaranya mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari para senior, melatih kedisiplinan dan melatih untuk dapat bekerja sama maupun berorganisasi.
“Sangat menarik dan perlu dilestarikan, jika perlu tidak hanya dalam kurun waktu setahun, tapi digelar setiap musim liburan kuliah,” ujar Peserta Kemasi 2012, Ningsih. Pasalnya, kegiatan semakin mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa SI. (Faizal-Portal)

Kampanye Cintai Budaya Indonesia, Lakon “Joko Bodo” Disuguhkan

Email Cetak

UMK – Melalui suguhan lakon drama komedi “Joko Bodo” karya A. Khudori yang digelar di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) belum lama ini, Teater Apotek (Apresiasi soesastera teater Kudus) di bawah naungan OSIS SMK Farmasi Duta Karya Kudus mengajak penonton untuk mencitai budaya lokal.
“Kami ingin menonjolkan bahwa kita sebagai orang Indonesia mencintai budaya Indonesia itu lebih baik dan lebih utama daripada mencintai budaya luar,” papar Sutradara lakon tersebut, Jesy Zein menunjukkan pesan yang ingin mereka sampaikan.
Meski dianggap bodoh ibarat sosok Joko Bodo dalam lakon tersebut, menurutnya, sebenarnya orang Indonesia pintar dan tidak mudah dipengaruhi oleh faktor lain dari luar. “Mempunyai kekuatan untuk mempertahankan kebudayaannya yang luar biasa, karena memiliki social capital (modal sosial) dan spirit capital (modal semangat) yang masih kuat,” jelasnya.
Sosok Joko Bodo, sebagaimana dikisahkan dalam pementasan tersebut, merupakan sosok yang tidak mudah terpengaruh oleh siapapun, bahkan dengan bujuk rayuan apapun.
Setelah tampil di UMK, rencana Jesy beserta kru teater tersebut akan kembali menampilkan lakon tersebut di Jepara dan Pati. “Rencananya akan tampil di SMK PGRI Jepara dan SMA 2 Pati,” tegasnya.

Halaman 104 dari 185

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

 

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Perpustakaan

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Pena Kampus

KSR PMI

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id