Joomla Slide Menu by DART Creations

Universitas Muria Kudus

Ajang Duta Wisata Kudus, Mahasiswi UMK Raih Juara Harapan II

Email Cetak

UMK – Weni Rahmawati, Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahsa Inggis (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) berhasil meraih Juara Harapan II dalam ajang pemilihan duta wisata Kabupaten Kudus 2012.
“Saya tidak menyangka bisa mendapat Juara, meskipun tidak Juara I,” ujar Weni mengenai prestasinya. Dari ajang tersebut, Weni mengaku, semakin bertabah pengetahuannya tentang keanekaragaman dan kekayaan budaya serta objek wisata di Indonesia, terutama Kudus.
Ajang pemilihan “Mas” dan “Mbak” duta wisata Kudus dinilainya membawa kesan mendalam. Proses seleksi yang ditempuh membawa perubahan pada diri Weni. Pasalnya, sebelum mengikuti ajang tersebut pengetahuannya tentang budaya lokal dinilainya minim, namun dari ajang tersebut Ia menjadi lebih tahu banyak terkait budaya lokal Kudus, terutama warisan budaya yang menjadi tempat wisata.
“Ternyata, Kudus tidak hanya berpotensi dalam hal wisata religi,  tetapi juga ada wisata alam, wisata kuliner serta berbagai handicraft yang ada di Kudus,” ujarnya menunjukkan salah satu tambahan pengetahuan seputar Kudus yang didapat.

Ingatkan Peran Wanita, Divisi An-Nisa Formi Ajarkan Kreativitas Menyulam

Email Cetak

UMK - Forum Mahasiswa Islam (Formi) Universitas Muria Kudus (UMK) melalui Departemen An-Nisa'  kembali menggelar program kreativitas muslimah berupa pelatihan menyulam pada Minggu (30/09) di Padurenan Gebog Kudus. Kegiatan dengan peserta kader Formi UMK ini untuk menumbuhkan kembali keterampilan-keterampilan lokal yang mulai langka di masyarakat.
Ketua Departemen An Nisa', Nilna mengungkapkan bahwa divisi yang dinahkodainya secara rutin menggelar program kreatif semacam. Bulan ini, kreatifitas menyulam dipilih. Sebab, sekarang ini ketrampilan atau pekerjaan bersifat feminin seperti menyulam telah banyak ditinggalkan oleh remaja putri. “Kebanyakan dari mereka cenderung menganggap kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang rumit dan membosankan,” tuturnya.
Melalui kegiatan ini, kata Nilna berharap, mahasiswi lebih termotivasi untuk tidak sekadar cerdas dalam perkuliahan tetapi juga terampil melakukan pekerjaan rumah.
Peserta pun antusias dengan pelatihan. Keterampilan semacam ini jarang mereka jumpai di lingkungan peserta tinggal. "Awalnya memang agak sulit, tapi asik walaupun hasilnya kurang bagus,” ujar salah satu peserta, Shinta menunjukkan tantangan yang telah Ia lalui.
Shinta bangga dapat belajar menyulam. Pasalnya, meski hasil berlatihnya belum layak untuk dinilai bagus dan sempurna, namun Ia senang karya sudah dapat berkarya.

Halaman 104 dari 176

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

 

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Library Gateway

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

KSR PMI

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id