Joomla Slide Menu by DART Creations

Universitas Muria Kudus

Semai Karakter, BEM FH Gelar Mabit

Email Cetak

UMK – Untuk mengembangkan karakter mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar malam bina iman dan taqwa (Mabit) belum lama ini di Aula Masjid Darul Ilmi UMK. Kegiatan bertajuk Mencetak Generasi Berilmu, Berkepribadian, dan Bersosial yang kaitannya dengan agama Islam ini diikuti oleh 80 mahasiswa semester I.
Tema tersebut, menurut Dekan FH UMK, Ristamadji SH MH, memiliki korelasi dengan tagline UMK, Cerdas dan Santun. Pihaknya bertekad membentuk karakter mahasiswa menjadi generasi yang kuat yang didukung hardskill dan softskill yang seimbang.
Konsep Mabit, menurut Ketua Panitia Mabit, Ratnasari Hadyanti, merupakan ide BEM FH untuk mengembangkan kegiatan malam keakraban (Makrab). Untuk mengembangkana karakter, maka ditambahkan pendalaman rohani sekaligus. “Kalau di fakultas lain biasanya cuma ada makrab, kita ada mabit. Jadi kita tidak hanya menambah keakraban saja, namun dari segi rohaniah juga dapat,” tutur mahasiswi Semester V yang kini menjabat Menteri Sosial dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM FH ini membandingkan.
Antikekerasan
Krisis karakter pada generasi muda menjadi sorotan dalam materi yang disampaikan oleh ke empat narasumber dalam sesi yang berbeda, terutama tema terkait tawuran dan terorisme. Mereka adalah Iskandar Wibawa SH MHum, Saiful Huda S. Ag, Zainullah dan Yusuf Istanto SH MH.

Dalami Karakter Cerdas dan Santun, BEM FKIP Diskusikan Sunan Kalijaga

Email Cetak

UMK – Petang menjelang. Di sekitar Masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK), tampak hilir mudik pengurus Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMK. Mereka sibuk menyiapkan Diskusi Rohani pada Kamis (18/10) itu.
Usai Salat Isya’, sebanyak 40 jamaah bersila membuat sebuah kerumunan. Mereka terdiri dari Dekan FKIP, Pembantu Dekan (PD) III, dosen, budayawan dan mahasiswa serta masyarakat sekitar. Dengan khusyuk, mereka melantunkan sholawat nabi.
Pasca pembuka acara dan sambutan Dekan FKIP UMK, Drs. Susilo Rahardjo, MPd, diskusi mengenai masalah keislaman dimulai. Diskusi kerohanian dengan tema “Historis Sunan Kalijaga” ini menghadirkan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP UMK, Agus Setyadi sebagai pembicara.
Dalam ceramahnya, Agus memaparkan sejarah dari lahir hingga wafatnya Sunan Kalijaga. Juga hikmah yang bisa diambil dari kisah salah satu Walisongo tersebut.
”Tembang Lir-ilir dan gundul-gundul pacul peninggalan sunan yang sekarang menjadi lagu daerah, sebenarnya merupakan nasihat mengenai kehidupan saat ini,” terangnya.

Halaman 104 dari 184

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

 

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Perpustakaan

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

KSR PMI

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id