Joomla Slide Menu by DART Creations

Universitas Muria Kudus

Pusara Kematian, Refleksi Kehidupan Teater Kampus

Email Cetak

UMK – Gerak laju pria setengah tua membawa baju kematian ke pusara begitu pelan sambil diiringi penari penabur bunga, sementara disisi lain ada sesosok pria hitam yang siap merusak pusara setelah baju kematian dimakamkan pria setengah tua lalu dihancurkan lagi pria hitam, dan begitu seterusnya hingga membuat bingung si penari di buatnya. “Pementasan itu merupakan kritikan bagi kehidupan berteater kampus,” Ujar Wisnu pelaku teater Samarekane.
Semangat berteater seniman kampus baginya seakan mati suri kemudian dipaksakan hidup lagi, dibiarkan lagi dan dibagun lagi begitu seterusnya. Dalam situasi seperti itu perlu ditanyakan kembali mengapa seniman kampus berteater untuk menggugah kembali semangat yang sempat tergusur oleh pakaian-pakaian yang lain yang dikenakan pelaku seni kampus,berakibat dangkal sisi art nya ketka mereka pentas pada Srawung Ndalu.
Diskusi tiga bulanan Srawung Ndalu (Srandal) yang digelar Teater Koin Fakultas Ekonomi UMK juga dihadiri seniman teater Kudus baru-baru ini (06/03/2011) itu pun semakin memanas ketika arah pembicaraan beralih pada kehadiran pelaku seni dalam mengikuti srandal yang kian sedikit jumlahnya terlebih bagi mereka yang menjadi undangan. “Kenapa tidak sebanyak ketika mereka menjadi tuan rumah?,” Penceng Atmaja pelaku seni asal Teater Tiga KoMa FKIP UMK menyayangkan.
Wisnu pun merasa monoton dan mempertanyakan kenapa dalam kegiatan Srandal diskusinya selalu mempertanyakan masalah kehadiran yang seakan menjadi menu klasik yang selalu tersaji ketika srandal berlangsung. “Kenapa tidak membahas tentang kedetailan tema yang di usung saat serawung ndalu. Atau tentang pematangan pada sisi art nya saat mereka pentas,” tambah wisnu.

JUARA MAJALAH DINDING TIGA DIMENSI

Email Cetak

UMK – Pada umumnya kalau kita mendengar kata mading (majalah dinding) pasti kita berfikir satu dimensi dengan bentuk papan yang banyak tulisan, didesain sedikit pernak-pernik didalamnya. Namun dalam rangka memperingati ulang tahun Koran Pelajar (KOPER) kali pertama, yang dimeriahkan melalui lomba mading dua dan tiga dimensi di  Audit Universitas Muria Kudus (UMK) selama dua hari (5-6/03/2011).
Acara yang diselenggarakan Radar Kudus bekerja sama dengan HUMAS UMK ini, diikuti sebanyak 30 peserta dari MA, SMA dan SMK se-Karesidenan Pati. Banyak dari mereka mengerjakan mading di sekolah, setelah sampai Audit mereka tinggal menyusun dan menambahkan artikel.
“Persiapan kami cukup lama, satu bulan setelah menerima pemberitahun,” Maria Fiani, peserta koper Cah Angon Jago  IT. Kelompok yang terdiri 10 siswa dalam membuat ilustrasi gunung, mereka memerlukan waktu lima hari, sedangkan untuk hiasan rumah maupun pohon-pohon hanya satu hari. “Dengan mengikuti lomba, kami ikut berpartisipasi dan berharap menang, selain itu saya juga dapat pengalaman baru” Maria Fiani, peserta dari SMK TI UMAR FATAH Rembang.

Halaman 133 dari 184

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

 

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Perpustakaan

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

KSR PMI

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id